Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi pada WinXP

8:22 PM |

Sekarang bagi temen-temen pengguna kompi maupun lepi alias laptop yang menggunakan OS WindowsXP yang mengalami masalah seperti judul di atas. Saya yakin dari temen-temen cukup sering mengalami masalah tersebut. Dan saya rasa hal tersebut cukup lumrah terjadi para penguna flashdisk. Masalah yang cukup sering dijumpai dalam penggunaan USB flash disk adalah tidak terdeteksinya perangkat tersebut oleh Windows. ini antara lain ditandai dengan tidak munculnya ikon “removable hardware” pada system tray. Tanda lain adalah tidak adanya drive USB flash disk di Windows Explorer.

Masalah ini cukup sering dijumpai pada komputer yang penggunaan sumber daya sistemnya (apalagi RAM) cukup tinggi sehingga pendeteksian keberadaan perangkat baru menjadi terganggu.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengantur pendeteksian USB Disk secara manual di Windows XP;

   1. Buka menu Add Hardware dengan cara mengklik [Start]>[Control Panel]>[Add Hardware]. Jika menu tersebut belum terlihat, klik [Switch to Classic View] yang ada di menu sebelah kiri.
   2. Setelah menu tersebut dipilih, maka akan muncul wisaya yang menuntun pada proses pendeteksian hardware, Klik [Next]
   3. Sistem selanjutnya akan memeriksa keberadaan hardware baru yang sudah tertancap namun belum terdeteksi. Kalau USB flash disk sudah berhasil dikenali, muncul salah satu hal dari hal-hal berikut ini : Muncul menu autorun, Pernyataan bahwa USB flash disk mendukung koneksi USB yang lebih cepat, Muncul ikon “Removable hardware “pada systen tray dan Muncul dirive baru di Windows Explorer atau My Computer.
   4. Kalau salah satu hal tersebut terjadi, pendeteksian tidak perlu diteruskan. Klik [Cancel] pada tampilan berikutnya.

Nah, biar enggak bolak-balik Control Panel setiap kali ada perangkat USB yang dicolok, buatlah shortcut [Add Hardware] di Quick Launch Toolbar. Langkah-langkah seperti berikut ini;

   1. Buka Control Panel dan ubah tampilannya ke mode “klasik” (switch to Classic Mode) seperti langkah 1 di atas.
   2. Seret ikon Add Hardware dan jatuhkan ke Quick Launch Toolbar. Kalau toolbar tersebut belum muncul, Anda dapat mengaktifkannya dengan klik kanan pada taskbar, klik [Propertis]>[Taskbar]. Kemudian, beri tanda centang pada [Show Quick Launch].



ALTERNATIF LAiN,,
Cara sederhana untuk mengatasi Flashdisk yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca ini sebenarnya pernah saya posting. Namun agar artikel ini mampu menjadi peringkat utama, nggak ada salahnya jika saya mengulang trik tersebut.

Jika anda memiliki masalah yang sama, coba ikuti langkah-langkah berikut :

1. Flashdisk yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca ini mungkin masalah bukan berada pada Flashdisk anda melainkan pada Windows yang ada pada Komputer atau memang USB port anda, Jadi langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan mencoba Flashdisk tersebut ke lain komputer atau Laptop. Cara yang lain adalah dengan mencobanya ke USB port yang lain. Biasanya setiap komputer atau Laptop menyediakan beberapa Port USB untuk kebutuhan tertentu dalam waktu yang bersamaan.

2. Jika dideteksi masalah bukan dari Flashdisk anda, maka tindakan pertama untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa driver USB anda. Bisa dilakukan dengan cara melihat setiap port pada USB. Caranya dari Computer – Ngekliker kanan – Pilih Properties – Device Manager. Akan muncul sebuah Windows baru yang bernama Windows Device Manager. Cari apakah ada device yang bermasalah. Biasanya ditandai dengan tanda “Pentung” / tanda “seru” ( ! ) jika ada salah satu device yang mempunyai masalah.

3. Untuk mengatasi Device yang tidak terdeteksi tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan cara Repair Windows XP atau 7 yang anda pakai. Cara repair komputer Windows XP atau 7 sangatlah mudah, anda hanya cukup membutuhkan CD Windows tersebut dan jadikan menjadi urutan pertama Boot komputer. Pilih Install Repair ketika ada peringata untuk Install Ulang Windows

4. Cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca lainnya adalah dengan melakukan Format Flasdisk. Cara ini sangat mujarab terutama jika Flashdisk anda terkena virus komputer. Anda hanya cukup memindahkan file penting dari Flashdisk anda dan kemudian Format.

5. Flashdisk yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi bisa disebabkan karena kesalahan pemakaian seperti tidak melakukan Remove Hardware ketika ingin mencabut Flashdisk dari USB port komputer Windows XP atau Windows 7 anda. Jika memang demikian, maka kerusakan bisa mengarah ke hardwarenya. Anda bisa membawanya ke tukang service komputer atau Garansi ( Sebagian Flashdisk dengan merk atau brand tertentu menyediakan Life Guarante atau Garansi seumur hidup) jika data yang ada pada Flashdisk tersebut memang penting atau beli yang baru jika data yang ada pada Flashdisk tersebut tidak anda butuhkan lagi.

Hal yang wajar terjadi jika sebuah Flashdisk untuk menyimpan data penting anda tidak terdeteksi pada Windows XP atau 7 komputer anda. Apalagi jika Windows anda menggunakan Windows 98, karena Windows tersebut tidak bisa mendeteksi otomatis sebuah hardware yang baru.

SEMOGA BERMANFAAT...

2 comments:

Unknown said...

Thx min berkat mimin flashdisk saya terdeteksi
soalnya saya lagi main di warnet
untung ada mimin jadi download game saya tidak sia"
thx sarannya min

tahneyeatman said...

A look at the games of blackjack
In the blackjack game, the player with the most money wins. For 김제 출장안마 example, if the 대전광역 출장안마 dealer 진주 출장안마 has 2 cards 성남 출장안마 with a five face value of 100, there's a big 전라남도 출장마사지 difference.

Post a Comment